5 Solusi Anak Susah Makan di Tahap Pertama MPASI

Memulai masa pemberian MPASI akan menjadi sebuah momen berharga bagi ibu dan anak. Ini menjadi masa transisi yang sangat penting dimana anak akan mulai menerima makanan padat di dalam tubuhnya. Tentu orang tua harus memberikan pendampingan yang tepat agar masa pemberian MPASI pertama ini berjalan lancar dan menyenangkan.

Mengatasi Anak Susah Makan

Banyak sekali orang tua yang mengalami kesulitan di masa pemberian makanan padat pertama untuk buah hati mereka. Sebenarnya masalah ini sangat wajar terjadi, seolah menjadi hal lumrah dalam tahap merawat anak. Jika anak menunjukkan tanda-tanda susah makan ketika memulai masa MPASI mereka, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan:

1. Tetap Tenang

Kunci pertama dalam memberikan makanan untuk anak adalah tenang. Perlu dipahami bahwa makan merupakan suatu hal yang tidak mudah bagi anak apalagi bayi di masa awal MPASI. Ini merupakan sebuah hal baru dimana si kecil perlu belajar dan beradaptasi. Jadi jangan terburu-buru dan tenang saja jika anak menunjukkan tanda-tanda penolakan.

2. Mulai Perlahan Saja

Sebaiknya Anda menerapkan prinsip bahwa memulai secara perlahan lebih baik daripada harus memarahi anak dan memaksanya makan. Berikan saja satu sampai dua sendok makanan di masa awal MPASI. Ini akan sangat membantu anak mengenal makanan padat. Lagipula kapasitas lambung anak juga belum begitu besar sehingga satu atau dua sendok makanan saja sudah sangat bagus untuknya.

3. Izinkan Anak Menyentuh Makanan

Di masa pemberian MPASI pertama kali untuk anak, izinkan ia menyentuh makanannya. Ini seringkali diabaikan oleh para orang tua. Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk menyentuh makanan. Padahal ini merupakan salah satu tahap penting dalam proses belajar makan. Dengan menyentuh makanan anak akan mengenali apa yang ia makan dan semakin tertarik untuk memasukkannya ke mulut.

4. Buatlah Suasana yang Menyenangkan

Cobalah untuk membuat suasana yang menyenangkan setiap kali jam makan tiba. Anak bisa lebih lancar makan jika mood atau suasana hatinya bagus. Sebisa mungkin jaga suasana hati anak agar selalu bahagia sehingga ia juga semakin bersemangat untuk makan. Ketika anak mulai menunjukkan tanda-tanda susah makan, jangan langsung terbakar emosi karena ini bisa merusak mood anak.

5. Hindari Distraksi

Singkirkan semua bentuk distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi anak ketika makan. Saat jam makan tiba, anak harus benar-benar fokus dengan makanan mereka. Tak boleh ada distraksi berupa gadget atau mainan. Jangan pula mengajak anak jalan-jalan dengan cara digendong ketika makan. Biasakan anak duduk tenang saat makan agar ia bisa lebih fokus.

Mendampingi anak di masa pemberian MPASI pertama adalah sebuah momen penting yang tak tergantikan. Jaga suasana hati dan tetap kendalikan emosi saat memberikan makanan padat kepada si kecil. Jika kendala terjadi secara terus-menerus dan berpengaruh pada asupan gizi anak, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

By admin