Ingin Buat Pupuk Organik Ramah Lingkungan dari Kotoran Sapi, Beginilah Langkah-Langkahnya

Pemanasan global yang terjadi seperti sekarang ini diakibatkan oleh teknologi yang tidak ramah lingkungan dan banyak menghasilkan gas, seperti karbon dioksida dan metana yang ada di langit. Sehingga gas rumah kaca terpantul ke langit yang menyebabkan panas di bumi semakin tinggi.

Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali penggunaan teknologi yang ramah lingkungan agar bumi kita tidak semakin panas, salah satu yang mulai diterapkan saat ini yaitu teknologi pertanian yang ramah lingkungan untuk membuat pupuk organik.

Jika tidak ingin membuat bumi kita ini semakin panas, maka kita harus memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan pengolahan limbah peternakan dari kotoran sapi agar dijadikan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Jika kalian penasaran bagaimana cara mengolah limbah peternakan yang ramah lingkungan, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Pupuk Organik yang Ramah Lingkungan dari Limbah Peternakan Kotoran Sapi

Untuk menghindari pemanasan global yang semakin tinggi maka tekonologi pertanian kita harus mengurangi produksi gas karbon dioksida dan gas metana untuk mengurangi efek rumah kaca yang menyebabkan bumi semakin panas.

Penggunaan pupuk organik merupakan salah satu upaya agar mengurangi emisi gas rumah kaca. Adapun pupuk organik itu diperoleh dari limbah ternak kotoran sapi. Sebenarnya jika dihitung dari manfaatnya, terbilang cukup besar bagi tanaman dan juga tanah.

Manfaat dari pupuk organik ini adalah meningkatkan kuantitas hasil panen, mengurangi pencemaran lingkungan, meningkatkan kualitas lahan, menghemat biaya kelola limbah, mengurangi volume limbah, dan juga memiliki nilai harga jual yang lumayan tinggi.

Lantas bagaimanakah cara membuat pupuk organik dari limbah kotoran ternak sapi ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kalian siapkan sebelum memasuki tahap berikutnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah:

  1. Kotoran ternak sapi 80 sampai 90%
  2. Serbuk gergaji
  3. Stardec (secukupnya)
  4. Abu sekam (secukupnya)
  5. Kapur kurang lebih 2%

Untuk langkah-langkah membuat pupuk organik yang ramah lingkungan sebagai berikut:

  1. Kotoran sapi dikumpulkan dan ditiriskan selama satu minggu untuk mengurangi kadar air. Setelah itu pindahkan ke dalam petak-petak yang telah disiapkan. Campurkan beberapa bahan seperti ampas gergaji, abu sekam, kapur, dan decomposer.
  2. Sebelum memasuki tahapan berikutnya, pastikan dulu semua bahan-bahan tersebut tercampur dengan merata. Sebab hasilnya nanti akan berbeda, dan pupuk yang telah diolah tidak terlalu maksimal jika kalian meremehkan tahapan ini.
  3. Diamkan dulu selama satu minggu, kemudian cek secara berkala apakah pupuk mengalami perubahan atau tidak. Pada minggu keempat kompos sudah jadi, kalian bisa memisahkan antara kerikil dan potongan kayu.
  4. Selanjutnya pupuk organik kompos yang sudah jadi siap diaplikasikan kedalam lahan atau tanaman. Untuk memastikan pupuk baik, maka lihatlah warnanya yang berubah jadi coklat kehitam-hitaman dan teksturnya berserat halus.

Nah itulah tahapan-tahapan membuat pupuk organik dari pengolahan limbah peternakan kotoran sapi, cukup mudah bukan. Selain ramah lingkungan, pupuk organik ini juga sangat baik bagi tumbuhan. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk organik, sehingga sangat cocok untuk tanaman pangan.

By admin