Jenis-jenis Sakit Gigi yang Sering Terjadi Pada Segala Usia

Jika mengalami masalah pada bagian tubuh satu ini, terkadang memang sangat menyiksa. Ada beberapa jenis sakit gigi yang bisa dialami di segala usia. Saat mengalami ada masalah pada bagian gusi atau mulut, maka jangan biarkan begitu saja dan segera obati.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan pada bagian tubuh satu ini dan mulut agar terhindar dari resiko berbagai jenis penyakit. Jika masalah yang dialami semakin tidak bisa diatasi sendiri, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk konsultasi dan mendapatkan pengobatan dengan tepat.

Jenis-jenis Sakit Gigi

Berikut ini beberapa jenis sakit gigi yang perlu Anda ketahui dan diwaspadai, di antaranya:

  1.       Gigi Berlubang

Salah satu penyakit yang sering terjadi dan dialami oleh orang-orang adalah gigi berlubang. Penyakit ini terjadi dikarenakan jaringan telah berubah menjadi karies. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan meminta dokter untuk menambalnya.

Sebelum ditambal, dokter akan membersihkan terlebih dahulu karang menempel agar tidak ada bakteri tersisa. Sebaiknya segera hubungi dokter ketika sudah merasakan ada lubang karena karies akan terus bergerak di dalam.

Jangan sampai karies bergerak hingga bagian pulpa. Hal ini akan menyebabkan masalah gigi berlubang semakin sulit untuk diatasi bahkan sudah tidak bisa ditambal lagi. Satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan perawatan saluran akar.

Penyebab utama gigi berlubang adalah bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bakteri tersebut menghasilkan asam hingga mengikis lapisan. Kurangi makan makanan manis agar kondisi lubang tidak semakin parah dan dalam.

  1.   Erosi Gigi

Penyakit satu ini bisa terjadi karena adanya kikisan pada enamel gigi yang disebabkan oleh asam. Enamel merupakan pelindung berupa lapisan keras untuk memberi perlindungan pada dentin sensitif.

Jika enamel sudah terkikis, otomatis bagian yang dilindungi akan terpapar sehingga menimbulkan rasa sakit dan sensitivitas tinggi. Salah satu penyebabnya adalah karena sering mengkonsumsi minuman ringan berlebih dengan kandungan asam sitrat dan kadar fosfor tinggi.

Faktor penyebab lainnya bisa terjadi karena mulut kering, asam lambung, ari liru yang asam, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. Jika mengalami masalah ini, sebaiknya segera hubungi dokter.

  1.   Lubang Besar dan Sisa Akar

Penyakit gigi satu ini bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Penyebab adanya lubang besar adalah karena lubang kecil terabaikan hingga berlarut-larut. Sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman apalagi saat mengunyah.

Lubang besar tersebut jika tidak segera diatasi dapat menjadi sarang bakteri dan menyebabkan rasa sakit semakin parah. Sementara itu, kotoran yang tersimpan di dalam mulut disebut sebagai sisa akar. Masalah ini dapat menyebabkan bau mulut dan mengiritasi jaringan gusi hingga menyebabkan peradangan.

Jika mengalami masalah di atas, sebaiknya segera obati agar sakitnya tidak berlarut-larut. Karena jika sakit gigi terus dibiarkan, khawatir akan menyebabkan masalah yang semakin parah.

By admin