Menilik Kandungan Kopi Instan, Mulai Dari Nutrisi Hingga Kafein

Tak hanya teh, kopi juga menjadi minuman yang digemari masyarakat. Jenis kopi pun berbeda di setiap daerah, begitu pula dengan cara pembuatannya. Namun di era praktis seperti saat ini, menikmati secangkir minuman ini nikmat tak perlu jauh datang ke coffee shop. Pasalnya, Anda dapat menikmati kopi instan dimana saja sesuai keinginan.

Instant coffee yang dijual di pasaran pun dikemas dalam berbagai wadah menarik, mulai dari sachet, botol, kaleng, hingga kemasan UHT. Namun dibalik rasanya yang nikmat, tahukah Anda apa saja kandungan pada minuman tersebut? Terlebih bagi para pecinta kopi, kurang lengkap rasanya jika belum mengetahui informasi penting seputar coffee berikut ini!

Nutrisi

Instant coffee memiliki kandungan gizi berbeda jika dibandingkan dengan varian biasa. Contohnya ketika membuat dari biji kopi utuh, Anda dapat memperkirakan seberapa banyak krimer, susu, hingga gula yang akan ditambahkan sebagai penambah rasa. Sehingga dari segi kandungan dapat diperkirakan.

Berbeda dengan varian kemasan dimana telah terbungkus dalam satu wadah, dimana kandungan gula, krimer, ataupun susu telah ditakar sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa nikmat. Meskipun begitu, coffee kaya akan antioksidan, vitamin, serta nutrisi penting lainnya.

Rasa

Kopi asli memiliki cita rasa khas dan strong, sehingga tidak direkomendasikan bagi mereka yang tidak dapat mengonsumsi minuman bercita rasa kuat.

Namun apabila Anda lebih menyukai coffee dengan rasa smooth dan creamy, kopi instan merupakan opsi tepat. Pasalnya varian ini telah diekstrak serta ditambah dengan perisa sehingga membuat cita rasa menjadi lebih nikmat.

Kafein

Berbicara tentang kafein dalam coffee siap seduh atau siap minum, rupanya kandungan kafein pada instant coffee jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi biasa yang mencapai 140 mg untuk setiap cangkirnya. Instant coffee hanya mengandung hingga 90 mg kafein pada tiap sasetnya, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menghindari konsumsi kafein.

Masa Simpan Lebih Lama

Karena telah diolah sedemikian rupa dengan mesin canggih, instant coffee dapat disimpan dalam waktu lebih lama jika dibandingkan dengan varian aslinya.

Pasalnya pada proses pembuatan varian siap seduh, menghasilkan kristal hasil dari seduhan biji kopi pilihan. Biji tersebut diseduh, lalu air hasil ekstraksi diambil dan dikeringkan. Hasil ekstraksi nantinya akan dikemas, baik dengan ataupun tanpa penambahan perisa lain seperti krimer, susu, ataupun gula.

Sehingga tak heran jika coffee saset instan terbilang lebih awet dan tahan lama dari segi penyimpanan. Selain itu harga yang ditawarkan di pasaran pun jauh lebih terjangkau, sehingga siapa pun dapat menikmati secangkir minuman nikmat tanpa perlu repot.

Itulah kandungan yang umumnya terdapat pada kopi instan. Anda mencari instant coffee dengan perpaduan rasa pas? Nescafe hadir dengan beragam varian yang dapat langsung dinikmati ataupun diseduh. Mulai dari kemasan saset, botol, hingga kaleng, Anda dapat menyeruput nikmatnya kopi Nescafe dimana saja.

By admin