Pilihan Aneka Masakan Ikan Khas Indonesia

Indonesia adalah negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. Hal tersebut membuat Indonesia mempunyai segudang hasil perairan yang sangat melimpah.

Bahkan, beberapa daerah di Indonesia mempunyai hasil ikan atau seafood yang biasa dijadikan sebagai lauk pokok sehar-hari.

Jadi, kamu nggak usah kaget jika  setiap daerah punya aneka masakan ikan yang berbeda dengan bumbu dan pengolahan unik. Berikut beberapa pilihannya :

1. Arsik

Bagi warga Tapanuli atau Batak, masakan ikan ini mempunyai filosofi tersendiri, yakni bercerita tentang kehidupan umat manusia.

Ikan mas yang dijadikan bahan utama tidak boleh dipotong-potong karena menyimbolkan keutuhan manusia, baik dari fisik maupun rohaninya.

Ada bahan wajib yang harus digunakan agar racikan arsik semakin khas, diantaranya andaliman, asam gelugur, kecombrang dan juga lokio atau bawang batak.

Yang paling unik, bagian sisik ikan tidak usah dibersihkan karena teknik memasaknya pakai slow-cooking sehingga daging menjadi lebih empuk tapi tidak kering.

2. Asam padeh

Masakan Minang memang tidak selalu identik dengan bahan santan. Hal tersebut dibuktikan dengan masakan asam padeh yang disajikan tanpa tambahan santan yang sangat populer di daerah Sumatera Barat.

Perpaduan rasa masakan ini datang dari bumbu yang lumayan sederhana, diantaranya asam kandis atau asam jawa, cabai serta  bumbu rempah yang akan menambah sensasi gurih.

Hidangan populer ini biasanya menggunakan ikan tongkol, tuna, kakap kembung, dan juga ikan gurame. Hidangan ini sangat mudah ditemukan di RM Padang.

3. Sop Ikan Batam

Jalan-jalan ke kota industri, Batam tak lengkap jika tidak mencicipi hidangan laut khas dari daerah ini, terutama untuk masakan sup ikan yang sangat khas.

Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki ciri berbeda untuk sop ikannya. Batam sendiri memiliki ciri khas sup ikan dari selada yang dipotong dengan tomat hijau dan juga sawi asin.

Kombinasi semua bahan tersebut membuat masakan ini terasa sangat segar dan juga makin nikmat. Sop ikan ini biasanya memakai  fillet ikan nila ataupun tenggiri.

4. Pempek

Siapa sih yang tidak kenal dengan olahan ikan yang satu ini? Pempek merupakan makanan yang sangat terkenal di mata pecinta kuliner Indonesia.

Masakan ini bisa dibilang sangat mudah ditemui di Indonesia. Konon, makanan yang menjadi khas dari Palembang ini memiliki pengaruh dari Tionghoa-nya, lho.

Pempek berasal dari bahasa Tiongkok, “apek” atau “pempek” yang artinya paman atau lelaki tua.

Pempek berbahan dasar Ikan tenggiri yang nanti dicampurkan dengan tepung kanji dan jadilah masakan yang nikmat setelah digoreng.

Sedang mencari anek masakan ikan di Indonesia? Kamu nggak akan kesulitan karena setiap wilayah di Indonesia memiliki masakan khas berbahan ikan yang tak biasa.

Setiap daerah punya ciri khas bumbu hingga aroma berbeda. Kamu sebagai penikmat kuliner tinggal menentukan masakan berbahan ikan seperti apa yang ingin dikonsumsi.

By admin