Tips Agar Tanya Dokter Online Lebih Nyaman

Konsultasi dokter atau tanya dokter online mulai marak sejak 2 tahun terakhir. Baik yang melalui chatting, voice call ataupun video call. Aplikasi untuk mendukung tanya dokter secara online tersebut tentunya sudah menghiasi platform Google Play.

Kalian bebas ingin menggunakan aplikasi yang mana sesuai keinginan. Pasalnya setiap aplikasi punya kelebihannya sendiri-sendiri. Tentunya sebelum download dan memakai aplikasi konsultasi online, kalian harus memperhatikan fitur yang ada terlebih dahulu.

Pastikan fitur yang disediakan di aplikasi tersebut sesuai dengan yang kamu mau. Tujuannya agar saat melakukan konsultasi kamu bisa menanyakan segala hal dengan baik tanpa ada masalah sama sekali.

Konsultasi Dokter Konvensional VS Online, Mana Yang Lebih Bagus?

Selain konsultasi online, ada juga konsultasi dokter secara offline. Sesuai namanya, jenis konsultasi dokter ini langsung melakukan tatap muka pasien, melakukan pemeriksaan fisik, hingga dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang pemberian terapi.

Metode seperti ini sudah berjalan cukup lama dan tentunya sudah mulai berkembang hingga sekarang. Di era sekarang di tengah kemajuan teknologi, kebutuhan pasien juga sangat berbeda. Bisa dibilang konsultasi dokter online lebih praktis.

Belum lagi tidak membutuhkan biaya untuk melakukan konsultasi. Lantas, apakah konsultasi dokter konvensional dapat tergantikan oleh konsultasi online di suatu kasus penyakit tertentu?

Tentu jawabannya tidak.

Dokter yang langsung menemui pasien secara umum dapat menanyakan langsung (anamnesis) dengan melakukan konfirmasi pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Anamnesis umumnya dapat meningkatkan ketepatan diagnosis sampai 80%.

Namun hal tersebut hanya dapat dilakukan di daerah yang penyakitnya sudah parah. Bayangkan, bagaimana caranya dengan konsultasi online yang mana hal-hal yang berupa kontak fisik tidak ada sama sekali?

Kabarnya telemedicine sudah membuat dokter di Eropa dapat melakukan operasi pasien robotik di belahan dunia. Tapi tetap saja hal seperti ini perlu diperhatikan dengan baik agar tidak malah merugikan pengguna masing-masing.

Tips Aman Konsultasi Dokter Online

Konsultasi dokter secara online memang banyak keuntungannya. Mulai dari dapat dilakukan di mana saja tanpa harus pergi ke tempat praktek dokter hingga tidak butuh budget untuk melakukan konsultasi.

Semua hak tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien. Bagi yang ingin konsultasi online, ada juga tips yang perlu diperhatikan supaya konsultasi yang kamu lakukan lebih aman dan memberi hasil yang bagus.

Apa saja tipsnya? Berikut kami rangkumkan :

  1. Pastikan menulis data informasi dengan benar. Misalnya mengenai nama, usia, hingga berat badan dan tinggi badan.
  2. Sampaikan juga setiap gejala yang dialami secara urut, dari awal sampai gejala paling akhir.
  3. Sampaikan pula seputar kelainan fisik dengan melampirkan foto dari kelainan yang dimaksud.
  4. Pastikan juga memberi tahu informasi mengenai obat yang telah digunakan dan obat yang sedang rutin digunakan. Boleh juga mengambil gambar obat tersebut.

Biasanya konsultasi dokter online selalu menyediakan prinsip asuransi yang akurat. Sehingga perlu dimanfaatkan supaya mendapat keuntungan lebih.

By admin